Langkah Antisipasi Pemalakan di Proyek Properti

SekolahPropertiMU.com – Setiap proyek dilaksanakan bukan di ruang hampa. Setiap lokasi yang hendak dikembangkan memiliki karakteristik yang berbeda. Oleh karena itu setiap pengembang harus memiliki informasi, data dan peta atas kondisi objektif dari kehidupan sosial dan budaya setempat (sekitar akses jalan dan wilayah disekitar kawasan yang hendak dikembangkan).

Lazimnya disetiap lokasi sudah ada struktur kemasyarakatan baik yang formal (Kades,Babinsa,Rw;Rt dll). Pun terdapat struktur informal seperti Ikatan Pemuda, Perkumpulan Mak mak, LSM, dll. Setiap Kelompok tsb memiliki pimpinan dan tokoh masyarakatny dan mungkin termasuk premannya. Semua mereka butuh, bahkan harus dihargai.

Nah sebagai bagian dari masyarakat Timur kita harus memiliki pengenalan yang cukup, kepekaan dan kepedulian kepada masyarakat setempat. Diawali dengan proses “Kulo Nuwun”, lalu mengadakan selamatan bersama masyarakat setempat, terutama yang tinggal disekitar lokasi proyek kita, sebelum sebuah proyek dilaksanakan.

Kegiatan ini tentu membutuhkan biaya. Oleh karena itu harus sudah dimasukan dalam Biaya Operasional Awal proyek kita. Bahkan bisa jadi, harus dimasukan dalam bagian Biaya Overhead bulanan dari proyek kita.

Dalam perspektif hukum, setiap proyek yang telah memiliki semua bentuk perizinan dan persyaratan lain yang ditetapkan baik oleh UU dan PP maupun Perda dan Pergub,P erwalikota/Perbup berada dalam perlindungan hukum. Jadi bila kita sebagai pengembang mendapat gangguan dari pihak manapun maka kita berhak mendapat perlindungan dan dapat menuntut pihak pengganggu tsb.

Namun langkah antisipasi untuk berbagai kemungkinan gangguan dan resiko proyek seyogianya sudah dilakukan sejak awal, sebelum proyek dimulai. Diawali dengan kunjungan Silaturahmi dan pendekatan awal ke beberapa pihak yang menjadi ” Tokoh Masyarakat ” yang tinggal disekitar lokasi. Bila dimungkinkan dan ada di antara unsur masyarakat setempat yang dinilai mampu dan memenuhi syarat yang kita tetapkan dalam pelaksanaan proyek juga bisa diikut sertakan dalam Proyek. Tks

Penulis
Ir. M Nazief E Siddik
Member Forum Properti Muhammadiyah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *